08 Desember 2019 17:29:37
Ditulis oleh Admin

Study Tiru KARTAR Desa Plumpang di Ds. Doudo Gresik

https://plumpang.desa.id - Lidah buaya menjadi primadona di Desa Doudo Panceng kab. Gresik bagaimana tidak mereka mampu mengolah lidah buaya menjadi makanan yang bernilai jual tinggi. Ketika sebagian besar masyarakat kita hanya melirik tanaman yang satu ini warga kampung doudo berinovasi dengan mengolahnya menjadi makanan siap makan, itu yang membuat kami pengurus karang taruna putra bhakti desa plumpang berkeinginan ikut belajar disana bagaimana proses awal dari kesuksesan yang didapat sejak tahun 2017. 

Ditemui bapak kepala desa Doudo kami beserta rombongan dari desa plumpang diajak menuju tempat pengolahan lidah buaya yang berada di RT 05 RW 02 tepatnya dirumah ketua RT. Disana kita banyak mendapat wawasan tentang lidah buaya tentang pembibitan dan juga pemanenan, ketika lidah buaya sudah siap panen yang memiliki ukuran besar daging besar. 

Dalam study tiru kita kali ini tidak belajar tentang pengolahan menjadi makanan, kita hanya mendapat informasi dan juga teori pengolahan, karena kedepanya kita akan mengagendakan study tiru ditempat yg sama untuk mengetahui proses pemanenan dan pengolahan lidah buaya. 

Harapan kami dengan adanya study tiru ini dapat membawa perubahan pada desa plumpang menjadi desa yang memiliki ciri khas dengan seluruh warganya menanam lidah buaya di rumah masing masing. 

Karena bersama pemdes plumpang karang taruna akan membuat tanaman lidah buaya ini memiliki nilai jual di desa plumpang sehingga mampu secara tidak langsung meninhkatkan ekonomi warga dan juga menjadikan desa wisata yang berbasis edukasi. Bgs/plp



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus